Rabu, 09 September 2009

Olahraga di bulan puasa


Puasa bisa saja membuat badan lemas. Tapi jangan sampai hal tersebut menghalangi niat kita untuk berolahraga. Kenyataannya orang yang berpuasa dan tetap melakukan aktifitas olahraga, mempunyai badan yang segar dan metabolisme yang lebih baik

Memang benar orang yang sedang berpuasa merasakan gejala-gejala seperti lemas, dan juga mengantuk, di sebabkan adanya perubahan waktu makan minum dan juga tidur.

Hal ini tentu saja mempunyai pengaruh terhadap aktifitas fisik seperti olahraga. Tapi jangan salah, olahraga justru malah membuat kebutuhan oksigen yang kita hirup semakin banyak sehingga badan tetap merasa segar dan tidak lemas.

Yang perlu diperhatikan adalah waktu, porsi, jenis olahraga dan banyaknya kalori di tubuh kita. Tiap orang rata-rata membutuhkan kalori antara 1800-2000 kalori, tapi tetap harus seimbang dengan aktivitasnya.

Olahraga di bulan puasa cukup yang ringan-ringan saja dengan durasi secukupnya. Lari-lari kecil, jalan cepat atau yoga selama 15-30 menit. Dan olahraga yang sebaiknya perlu di hindari adalah renang, sebab bisa saja ada air yang secara tidak sengaja tertalan, sehingga malah bisa membatalkan puasa.

Waktu untuk berolahraga sebaiknya juga diperhatikan. Minimal 1-2 jam setelah atau sebelum makan, setelah sahur atau sebelum berbuka, yang penting kuat dan tidak memaksa, terutama bagi orang yang mempunyai penyakit berat seperti jantung atau stroke.

Kalau di hitung, setelah makan sahur biasanya makanan akan diproses menjadi energi kira-kira 4 jam. Setelah itu energi digunakan untuk aktifitas selama 10 jam (jam 08.00 sampai jam 18.00). maka dari itu bijaksanalah mengatur waktu untuk berolahraga.

Olahraga di bulan puasa bukan masalah baik dan tidak baik, yang penting kalorinya cukup. Puasa itu adalah proses membersihkan badan dari racun dengan cara mengistirahatkan perut dari makanan-makanan yang kurang baik. Dan olahraga membantu proses tersebut.

Tidak salah memang kalau puasa itu disebut sebagai bulan pembersihan diri. Selain membersihkan hati dan pikiran, puasa juga membersihkan badan dari makanan yang tidak baik, dan dengan olahraga proses itu bisa lebih lancar

0 komentar:

Posting Komentar