Jumat, 28 Mei 2010

Tip singkat seputar Batre Notebook

• Rajin-rajinlah melakukan defrag hardisk, karena proses defrag mebantu pengaturan data menjadi lebih efisien. Yang artinya, hardisk akan bekerja lebih cepat dalam mencari file, dan lebih sedikit membutuhkan daya. Efeknya memang sangat minim sekali, tapi setidaknya bisa turut berpartisiasi dalam menghemat batre.
• Level brightness di notebook juga bisa berperan dalam menghemat batre. Semakin terang layar, semakin banyak menghabiskan daya. Buat yang malas melakukannya lewat kombinasi Windows Mobility Center, anda bisa melakukannya lewat kombinasi tombol tertentu di notebook. Setiap notebook mempunyai kombinasi berbeda-beda. Contohnya di Acer 4520, kombinasinya adalah tombol Fn + panah kiri
• Mematikan screen saver juga dipercaya bisa menghemat batre.
• Membuka aplikasi terlalu banyak saat menggunakan batre juga salah satu hal yang bisa menyedot batre. Agar lebih hemat, jalankan satu atau dua aplikasi saja sekaligus. Selain itu, aplikasi yang terkenal berat seperti pengolah grafis atau bahkan game, menyedot daya lebih banyak apabila dibandingkan dengan spreadsheet atau word processor.
• Kalau cara berikut ini jelas butuh biaya, sebab anda harus menambah RAM. Pada sistem yang memiliki ram sedikit, otomatis akan lebih sering memanfaatkan virtual memory yang notabene mengambil dari hardisk. semakin sering sistem membaca virtual memory, maka hardis akan lebihe banyak bekerja, dan daya yang dibutuhkan semakin banyak. sementara bila ram-nya lebih dari dari cukup, sistem akan memanfaatkan ram danlebih sedkit menggunakan virtual memory. yang artinya kerja hardisk tidak terlalu banyak. dan lagi antara daya yang dibutuhkan ram dan hardisk, lebih besar hardisk.
• Banyak pengguna yang tidak sadar, saat menggunkan notebook, softcase-nya tetap dipakai untuk menutupi permukaan luar notebook. Hal ini tidak baik, karena bisa menghalangi sirkulasi udara panas yang keluar dari notebook, serta bisa berpengaruh terhadap umur batre.
• Masih ada kaitannya dengan panas, jangan pernah menaruh notebook di bawah sinar matahari langsung atau ditaruh di dalam mobil yang di parkir di area yang terbuka. Temperatur tinggi merupakan musuh dari segala komponen elektronika.
• Trik ini berlaku hanya untuk notebook yang menggunakan batre jenis Ni-Mh yang biasa terdapat di notebook keluaran lama. Ada sebuah problem bernama memory effect, yang berkaitan dengan kehilangan daya charge akibat proses charging yang setengah-setengah. Atau dengan kata lain, batre baru habis setengah, tapi sudah di charge lagi. Problem ini bisa diatasi dengan cara menghabiskan daya batre secara total, lalu di charge lagi hingga penuh.
• Mengganti driver hardware juga dipercaya bisa turut menghemat penggunaan batre. Karena pada umumnya, driver baru dirancang untuk lebih efisien dan lebih sedikit memakan daya.
• Pastikan anda menggunakan adaptor asli atau penggantinya, tapi yang spesifikasinya sesuai. Ketidaksesuaian spesifikasi bisa mengakibatkan overload, merusak batre, bahkan merusak notebook.
• Jika anda berencana untuk tidak menggunakan notebook dalam jangka waktu yang cukup lama, pastikan batre sudah terisi sekitar 40%. Setelah itu copot batrenya dari notebook, dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.
(PC Mild)

0 komentar:

Posting Komentar