Jumat, 30 Juli 2010

Peranan Suami – Tersedianya rumah yang layak dan aman

Mendesain dan membangun rumah seakan bagaikan surga di dunia. Karena konsep keluarga sakinah adalah Baiti Jannati yang artinya, baik fisik rumah maupun penghuninya mengambarkan bagaikan kehidupan di surga. Di dalamnya ada ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi dan kamar tidur sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Karena Rosulullah menganjurkan kepada keluarga muslim untuk kamar tidur anak-anaknya pada usia 10 tahun.


Perintahkan anak-anakmu sholat pada usia 7 tahun, dan tekankanlah pada usia 10 tahun dan pisahlah dari tempat tidurnya. Al Hadits.


Diusahakan agar kebun, taman, kolam air dan tempat olahraga.

Fungsi rumah ada 3 yaitu:

  1. Manzil artinya rumah singgah, maka rumah harus mampu menjadi rumah singgah yang nyaman baik di dalam maupun di luar rumah.
  2. Baitun artinya tempat bermalam, amak rumah tersebut cukup kamar tidur yang nyaman dan aman.
  3. Maskan artinya rumah tersebut berfungsi menentramkan keluarga, maka diperlukan tata ruang yang indah dan nyaman, disana ada taman dan kebun yang asri, bunga dan buahnya segar dipandang dan bisa dinikmati, ada air mengalir yang bisa menenangkan hati serta media olahraga keluarga yang memadai. Karena Umar bin Khatab r.a menegaskan bahwa orang tua harus memfasilitasi kebutuhan anak sesuai dengan jamannya sehingga mereka mampu menjadi pemimpin masa depan.

Ajarilah anakmu berenang, memanah dan menaiki kuda, maka sesungguhnya anak kamu sekalian dilahirkan pada masa yang tidak sama dengan masamu. Sesungguhnya kamu apabila meninggalkan ahli warismu kaya itu lebih baik daripada apabila meninggalkan miskin dan menjadi beban masyarakat. HR. Bukhori dan Muslim

0 komentar:

Posting Komentar