Kamis, 29 Juli 2010

Pernikahan

Akad Nikah yang dalam Al Quran disebut Misaqon Gholidlo yang artinya perjanjian yang kuat. Maka dari itu akad nikah tidak sama dengan akad-akad yang lain, dikarenakan memiliki tujuan yang sangat mulia dalam rangka membangun peradaban manusia.

QS. An Nisa 1:
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan lai-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Alah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Kebiasaan Rosulullah SAW, apabila ada akad nikah selalu mendoakan keberkahan bagi pengantin, serta limpahan berkah kepada lingkungannya dan didoakan pula atas pertemuan dua anak manusia ini sebagai pertemuan yang sangat ideal.

Ya Allah berkahilah keduanya dan karena berkahilah karena pernikahannya dan pertemukan keduanya dalam kebajikan.

Doa Rosulullah tersebut mendorong dan mengharapkan kepada pasangan pengantin dalam kehidupannya nanti untuk berusaha mencari keberkahan dari Allah SWT.
Didalam syariat Islam, keberkahan Allah akan diberikan kepada hambanya apabila hamba tersebut menjadi orang yang beriman dan dalam kehidupannya selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, yang dalam terminologi Islam disebut taqwa.

QS Al A’rof 97.
Jikalau sekiranya penduduk negeri- negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berlkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Tujuan Pernikahan
Tujuan pernikahan adalah terbentuknya keluarga bahagia yang tentram dan didasari saling mencintai dan saling merahmati.

QS Ar Rum 21.
Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

Karena setiap pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kebesaran Allah, maka sangat banyak rahasia yang terkandung didalam pernikahan dan keluarga, satu keluarga dengan keluarga yang lain tidak mungkin sama , bahkan akan selalu menjadi kajian para ilmuwan untuk merumuskan keluarga sakinah, namun Allah telah menuntunkan standart bagi setiap suami istri untuk membangun keluarga sakinah dengan landasan mawaddah wa rohmah.

0 komentar:

Posting Komentar