Kamis, 12 Agustus 2010

Istri yang ideal

Seorang istri yang ideal adalah seorang wanita yang sholehah. Kesholehahan tersebut itu dibuktikan dengan ketaatannya kepada Allah yang tergambarkan pada kehidupannya sehari-hari.

QS. An Nisa 34.
Sebab itu maka wanita yang sholeh ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).

Apabila seorang istri adalah wanita yang taat kepada syariah Allah maka mereka akan selalu menjadi istri yang siap berbakti kepada suami dibuktikan dengan selalu membangun kemunikasi yang simpati dengan suaminya dan mentaati komitmen yang telah dibangun bersama serta mampu menjaga dirinya dan aset keluarga.

Sebaik-baik istri ialah yang dapat menyenangkan hatimu bila kamu melihatnya, taat kepadamu bila kamu suruh, serta dapat menjaga kehormatan dirinya dan harta bendamu dikala kamu sedang tiada di rumah. HR. Thobrani di dalam Al Kabir dari Abdullah bin Salam.

Seorang istri yang sholehah harus memprioritaskan keberadaannya di rumah dibandingkan penampilannnya di luar rumah. Maka apabila ada seorang istri tampil di luar rumah ingin mendapat perhatian orang lain hal itu bisa menimbulkan fitnah dan dosa.

Wanita yang berminyak wangi kemudian lewat di tengah-tengah orang banyak dengan maksud agar mereka mencium baunya maka dia adalah (sama dengan ) zina dan seluruh mata (pandangan) itupun berzina (dapat menarik perhatian zina). HR. Imam Ahmad Nasa’i dan Hakim dari Abu Musa.

0 komentar:

Posting Komentar