Selasa, 08 September 2009

Virus Komputer Lokal Lebih Berbahaya



Virus komputer lokal buatan Indonesia yang banyak tersebar di dunia maya akhir-akhir ini di yakini lebih berbahaya di banding virus buatan luar. Dalam satu kasus, virus lokal sampai menghilangkan data file di komputer korban.

"Virus asing tidak sampai menghilangkan file penting. Produsen virus ini cuma ingin memperlihatkan kelemahan windows yang ada sekarang" kata Yudhi Kukuh, Technical Security Consultant, ESET Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang keamanan digital.

Tapi, tambah Yudhi, dari semua virus yang tersebar di dunia, virus dari Indonesia cuma menyumbang 0,1 persen. Sampai sekarang, variasi virus yang ada di dunia sangat beragam. Tapi yang saat ini lagi trend dan sangat berbahaya yaitu virus "configure". Virus ini sifatnya bisa pecah jadi banyak, sehingga sekarang variannya mencapai turunan yang ke-30 ("configure" varian AQ)

"Mayoritas yang menyerang komputer saat ini yaitu configure generic, configure varian A, dan configure varian AA" kata Yudhi.

Sementara itu Yudhi memberi contoh jenis virus lokal yang juga membahayakan data komputer diantaranya, aksika, coolface & collface MP3 player, W32/Kill AV, pendekar blank, pacaran, blue fantasy, windy-matrox. Ada juga yang namanya virus amburadul, FD Shield, Purwo C, dan Nadia Saphira.

0 komentar:

Posting Komentar