Kamis, 22 Juli 2010

Tips Memilih USB Flash Disk

Disket untuk menyimpan data yang bisa dibawa kemana-mana, sudah ketinggalan jaman. Fungsi CD atau DVD sekarang juga cukup repot membawanya, dan juga membutuhkan proses burning. Selain itu CD/DVD tidak mudah untuk mengganti data. Kita harus menghapus atau melakukan format ulang kalau sudah ada datanya. Kalau akan memasukkan data kita harus mem-burn. Intinya disket, CD atau DVD cukup merepotkan kalau kita gunakan untuk media tukar data.
Untuk itu hadir flash disk, yang bisa memenuhi kebutuhan akan hal tersebut. Selain mudah untuk tukar menukar data, flash disk juga hadir dengan berbagai kapasitas simpan..

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih flash disk:

Kapasitas
Ini ditentukan oleh jenis user
Sebagai contoh dan pertimbangan berdasarkan kebutuhan:
1. Pelajar (tugas, musik, gambar) = 1 GB
2. Pelajar (tugas, musik, gambar, download dari internet) = 2 – 4 GB
3. Umum (tugas, musik, gambar, download, design) = 4 – 8 GB
4. Umum (tugas, musik, gambar, download, programming) = 4 – 8 GB
5. Umum (murni pekerjaan di dunia web, design, programming, atau hal yang serius lainnya) > 4 GB, atau lebih baik menggunakan hardisk eksternal saja. Harganya lebih murah daripada flash disk.

Fitur Flash Disk
Jangan mudah tergiur dengan fitur bawaan dari flash disk, seperti misalnya antivirus, program-program, games, dan lainnya. Semua itu bisa di download dengan mudah tanpa harus membayar. Apalagi umumnya program-program itu versi gratisan dan tidak terlalu banyak digunakan.

Model
Yang paling penting yaitu tutup flash disk. Pilih yang tutupnya menyambung di badan flash disk. Semakin sering kita membuka tutup, maka kemungkinan akan cepat longgar. Sering terjadi tutup flash disk hilang karena hal-hal yang sepele, dan karena sudah cukup lama digunakan. Pilih yang bentuknya sederhana saja tapi bisa menjamin bagian-bagian dari flash disk cukup terlindung dan tidak mudah hilang terutama tutupnya.

Garansi
Jangan tergiur garansi seumur hidup. Kenyataannya jarang ada orang yang datang ke toko untuk mengklaim garansi ketika flash disknya rusak. Banyak yang lebih senang membeli lagi. Sebetulnya semua flash disk itu baik. Tapi tetap saja kita perlu melihat apa yang ditawarkan produsennya.

Merk

Memang merk punya andil besar, tapi sebetulnya yang perlu kita perhatikan adalah keamanan dan standarisasi dari produk. Perhatikan dengan seksama di bungkus flash disk tentang info produk, kalau perlu cari informasi di internet. Pilih merk yang sering digunakan orang. Kalau merknya jarang didengar, bisa-bisa komputer tidak mau konek, dan kita sendiri y ang repot cari drivernya.

0 komentar:

Posting Komentar