Rabu, 11 Agustus 2010

Peranan Suami – Sandang yang layak

Seorang muslim harus tampil denga busana yang rapi, menutup aurat dan menjadi pelindung badan, terutama tampil pada ranah publik khususnya pada waktu beribadah di masjid.


QS. Al A’rof 31

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.


Bahkan Umar bin Khotob r.a mengomentari larangan kain kafan dan sutra, beliau bersabda: “ orang yag masih hidup lebih berhak memakai pakaian yang bagus “


Bahwa Allah telah menegaskan bahwa, sumber daya yang tersedia mestinya diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dalam menikmati kehidupan didunia dan akan mengantarkannya menjadi sejahtera di duinia dan akhirat.


QS. Al A’raf 32.

Katakanlah: “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezki yang baik?” Katakanlah: “Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.” Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.


Didalam berpakaian seorang muslim mempertimbangkan untuk tidak berpakaian yang bisa menyerupai lawan jenisnya. Karena Allah melarang seorang laki-laki berbusana dan berpenampilan seperti perempuan dan sebaliknya.


Rasulullah SAW mengutuk kepada orang laki-laki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki. HR. Muslim dari Abdullah bin Amr bin Ash.


Maka kecenderungan budaya tersebut tidak menjangkiti meluarga muslim. Diharapkan cara berpakaian keluarga kita khususnya yang perempuan harus sesuai dengan syariah.

Maka saatnya umat islam merebut haknya untuk menguasai industri pangan, supaya semua makanan yang beredar masuk katergori halalan thoyiban dan industri sandang, supaya produk sandang sesuai denga tuntunan sehingga umat islam bisa menjadi tuan di negerinya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar